Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kapolda Memberikan kuliah dan Seminar Ratusan mahasiswa tema Budaya dan Integritas

Saturday 23 September 2023 | September 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-23T09:21:57Z

PALEMBANG,newsskri.com

Kapolda Sumatera Selatan , Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK , memberikan kuliah umum/ seminar kepada ratusan mahasiswa baru dengan tema penanaman budaya integritas pada mahasiswa penerus bangsa di Aula Yosef kampus Bangau Universitas Katolik Musi Charitas. ( UKMC) Palembang , Jumat  (22/9/2023).  


Kegiatan tersebut dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).
Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK mengawali penyampaiannya bahwa keberagaman adalah salah satu wujud kesatuan, keberagaman memberi keindahan. Sehingga pentingnya untuk saling menjaga dan jalin silaturrahmi dengan seluruh lingkungan.
Kapolda menambahkan, kehidupan ini tidak seutuhnya indah, kenyataan dan harapan tidak selamanya sinkron, tidak semua keinginan kita akan terwujud.
"Teruslah berusaha agar kehidupan hari ini lebih baik dari kemarin dan kehidupan mendatang akan lebih baik dari hari ini," sebutnya.
Saat ini, kata Kapolda, mahasiswa mengisi kemerdekaan dengan belajar.

Banggalah menjadi masyarakat   Sumatera Selatan,
Sumatera selatan  terbilang cerdik cendekia, banyak pejuang kemerdekaan dari sumatera Selatan .


"Pada kesempatan tersebut Kapolda menyampaikan ada lima idealisme ketika ada dipemikiran seseorang dia berpotensi pelaku kekerasan,Pertama Superioritas menganggap rendah orang lain /kelompoknya paling tinggi red) yang kedua merasa injustice/terzolimi orang yang merasa teraniaya akan berontak ujarnya
Kemudian yang ketiga Vulnerability ( kerentanan red ) orang yang rentan kalau tidak difasilitasi dia akan berontak kemudian . Yang keempat  distrust ( ketidak percayaan ) kepada instansi Pemerintahan yang berkuasa kemudian  kelima helpless (tidak berdaya) dari  kelima unsur tersebut apabila tertanam pada diri seseorang maka seharusnya segera dimitigasi /pencegahan ( sebelumnya dan sesudah  red)  guna menghindari idealisme  radikalisme ucap mantan Kapolda Jambi 


Dalam momen tersebut, Kapolda menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa yang telah ikut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Sumatera Selatan

 Jadilah mahasiswa mahasiswi yang bermoral tinggi, keimanan dan ketakwaan yang baik, serta memiliki fisik yang sehat.
"Saya berpesan jagalah keamanan, semua aktivitas akan dapat terlaksana ketika sudah aman, kenali hakikat aman Security, Safety, Surety dan Peace. Keamanan menjadi tanggung jawab kita bersama," ucapnya

 Untuk itu ia meminta jaga keharmonisan keluarga, bagaimanapun keluarga tetap yang utama. Jangan sia-sia kan keluarga dengan alasan kesibukan.
"Pelajari prosesnya, lakukan sesuai kemampuan, selalu cek, ri-cek, cross-cek, last-cek dan final cek. Yakin dan percaya apa yang kita raih akan berguna bagi orang lain, bangsa dan negara," ujarnya.
"Jadilah mahasiswa dan mahasiswi yang bisa membuat negara ini lebih maju pada saat rekan rekan memegang kendali, gunakan ilmu yang didapat dengan sebaik mungkin, untuk kemajuan bangsa dan negara " tandasnya .

 Dari pantauan awak media turut hadir pada kegiatan tersebut. Rektor, Dosen, staff UKMC Palembang;
Serta Peserta kuliah umum sebanyak 350 orang mahasiswa Universitas Musi Charitas Palembang.

Serta narasumber diantaranya Kapolda Sumsel Irjen Pol. A Rahmad Wibowo,S.I.K;
Mgr Yohanes Harun Yuwono (Uskup)
 Ir. Antonius Prabowo Agro, MBA (Dirbisnis BSB);dan Drs.Frans Sugiyana ( Moderator).
×
Berita Terbaru Update