Header Ads

Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Tim PKM FH Unpam Di Kelurahan Babakan


Tangsel, Newsskri.com - Telah dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Tim PKM Fakultas Hukum Universitas Pamulang pada tanggal 4 - 6 November 2020. 


Kegiatan ini terselenggara secara sukses atas kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang dengan Kelurahan Babakan Setu, Kota Tangerang Selatan. Sambutan disampaikan dalam pembukaan acara kegiatan oleh Bapak Madsuki, SH, Lurah Bababakan dan Bapak Dr. Ferry Anka Sugandar, SH., MH, Dekan Fakultas Hukum Universitas Pamulang.

Tim PKM yang diketuai oleh Ibu Fenny Wulandari, SH., MH, bersama dengan Ibu Dr. (c) Wiwin W. Windiantina, SH., MH, Bapak Dr. (c) Ferry Anka Sugandar, SH., MH, Bapak Irfan Fahmi, SH., MH dan Ibu Serena Ghean Niagara sebagai para narasumber yang juga melibatkan mahasiswa-mahasiswi FH Unpam mengangkat tema "Konsekuensi Hukum Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Serta Dampaknya Terhadap
Perkembangan Keluarga Dan Anak-Anak".

Menurut Tim PKM bahwa Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan KDRT selama pandemi COVID-19 ini seperti faktor sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Dalam UndangUndang Nomor 23 Tahun 2004 Pasal 1 menyebutkan Kekerasan Dalam Rumah Tangga merupakan seriap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan
perbuatan, pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dan
lingkup rumah tangga. 

Kelurahan Babakan mempunyai luas wilayah 170 Ha dengan jumlah penduduk 9.143 jiwa. Kelurahan Babakan terdiri dari 39 RT dan 8 RW dengan jumlah rumah tangga 2.146 yang ratarata terdiri dari 4, 21 penduduk. Dengan jumlah tertinggi untuk rentang usia 30-34 tahun yaitu sekitar 940 jiwa, mengidentifikasikan besarnya konflik rumah tangga yang terjadi di Kelurahan Babakan.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang
dilakukan oleh Tim Fakultas Hukum Universitas Pamulang di Kelurahan Babakan
dilakukan melalui penyuluhan hukum dengan materi :

1) Pemahaman tentang Undang-Undang Nomor 23
Tahun 2004 Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga;
2) Pemahaman kepada masyarakat bentuk-bentuk
perlindungan hukum terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga
khususnya bagi perempuan dan anak;
3) Pemahaman kepada masyarakat mengenai berbagai
alternatif penyelesaian mediasi penal dalam tindak pidana kekerasan
dalam rumah tangga.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Direktur LPPM Universitas Pamulang dan Lurah Babakan berserta jajaran. Kepada seluruh masyarakat yang hadir dan terlibat dalam kegiatan PKM ini. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat positif untuk masyarakat”, ungkap tim PKM FH Unpam pada awak media, rabu (13/1) via pesan singkat WhatsApp. (Red)

Post a Comment

0 Comments