Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lanal Palembang Kembangkan Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 di Wilayah Binpotmar 1 Ilir

Thursday 3 August 2023 | August 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-03T20:34:29Z

Palembang,newsskri.com

 Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang beserta masyarakat Kelurahan 1 Ilir melaksanakan kerja bakti bersih-bersih bibir Sungai Musi dilokasi Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 Binpotmar 1 Ilir Lanal Palembang, Kamis (3/8/2023).

Pelaksanaan kerja bakti diawali dengan apel bersama dipimpin oleh Pasminlog Lanal Palembang Mayor Laut (P) Firman Fitriadi, memberikan arahan tentang pelaksanaan kegiatan kerja bakti dengan membagi sektor pembersihan disekitar Binpotmar TNI AL 1 Ilir Palembang.

Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang diinisiasi oleh TNI Angkatan Laut  terdapat 5 (lima) cluster utama yakni Cluster Pertahanan, Ekonomi, Edukasi, Kesehatan, dan Pariwisata. Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) Seperti kita ketahui bertujuan memacu meningkatnya perekonomian masyarakat, khususnya warga yang berdomisili di wilayah pesisir. Program ini merupakan satu metode pembinaan maritim yang perlu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan mengungkapkan, Pengembangan Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 merupakan bentuk nyata kehadiran dan kedekatan TNI Angkatan Laut dengan rakyat, sekaligus menjadi perwujudan komitmen TNI Angkatan Laut untuk membangun ketahanan wilayah maritim dari level desa sebagai penyangga pertahanan negara.

Lebih lanjut, Komandan Lanal Palembang mengatakan, Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 yang berada di Binpotmar 1 Ilir yang dituangkan dalam 5 (lima) Cluster akan semakin efektif jika dirajut dengan kerjasama dan saling melengkapi antara KBN Lanal Palembang, Kampung Sehati Pusri dan Kampung Keluarga Berkualitas serta stakeholder lainnya. 

Sementara itu, Staf Khusus Walikota Palembang Iwan Harda menegaskan "Pemkot Palembang mendukung penuh pengembangan wisata di Kampung Bahari Nusantara yang terletak di Binpotmar 1 Ilir. Kedepannya Kampung Bahari Nusantara 1 Ilir akan menjadi ikon baru wisata di Kota Palembang," ungkap Iwan Harda.

Turut hadir dalam kegiatan pengembangan Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 Wakil Ketua DPRD Adzanu Gentar Nusantara, S.H., M.H., Sekdis PUPR Faisal, Dinas Pariwisata Kota Palembang Andika, Perwakilan BUMN PT. Pusri Rustam Efendi, Perwakilan Bank Sumsel Babel, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, serta masyarakat setempat yang mendukung penuh upaya Lanal Palembang untuk pengembangan Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2.

Terpilihnya Kelurahan 1 Ilir menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 melalui pertimbangan pertahanan dan keamanan, kemudian perekonomian, serta fasilitas pendidikan dan kesehatan.(red)


×
Berita Terbaru Update