Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Temukan Satwa Langka, Pemkab Tangerang Berhasil Tingkatkan kualitas Perairan di Kawasan Pesisir

Thursday 2 February 2023 | February 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-02T10:00:59Z

Tangerang,newsskri.com 

Program rehabilitasi mangrove yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, telah berhasil meningkatkan kualitas perairan di pesisir Kabupaten Tangerang. 

Hal itu diungkapkan, Kasi Tehnologi Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Hari Mahardika dalam kegiatan penanaman 1000 mangrove oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, di Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Rabu ,
1/2/ . 

Kata Hari, hal tersebut diperkuat dengan penemuan telur dan belangkas atau yang lebih dikenal dengan nama mimi tahcypleus yang merupakan satwa langka. 

Mahluk langka (primitive marine animal) ini, bukan saja penampilan mereka yang primitif, tapi mereka punya leluhur yang hidup sekita 450 juta tahun lalu. 

"Mimi tahcypleus merupakan bioindikator kesehatan lingkungan, dengan adanya satwa ini bahwa program rehabilitasi mangrove yang laksanakan Pemerintah Kabupaten Tangerang sudah on the track dan berhasil meningkatkan kualitas perairan di pesisir Kabupaten Tangerang," kata Hari.

Hari menjelaskan, ada 17 jenis mangrove yang tumbuh subur di pesisir pantai Kabupaten Tangerang. 

"Kita saat ini sudah mengkoleksi 17 jenis Mangrove Avicienna marina, A. alba, A. Officenalis A. lanata, Rhizopora stylosa, R. apiculata, R. mucronata, Bruguiera Parviflora, B. gymnoriza, B. cylindrica, Xylocarpus granatum, Ceriop tagal, Lumnitzera racemosa, Exocaria agalloca , Nypa frutican dan Candelia kandel," paparnya.

Sebagai informasi, dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melakukan penanaman 1000 pohon mangrove dikawasan pesisir di Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (1/2 ). 

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang, Diporabudpar Kabupaten Tangerang, Sekertaris Forum Camat Kabupaten Tangerang, Zamzam Manohara, Camat Mauk, Arif Rahman, Danramil 09 Mauk, Kepala Desa Marga Mulya, Abu Bakar, Tokoh Pemuda dan Penggiat Lingkungan serta petani mangrove. ( trisno)
×
Berita Terbaru Update