Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Di Duga Mark up Anggaran PJ. Kepala Pekon Banjar Manis Mencoba Suap BHP

Tuesday 13 June 2023 | June 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-14T04:29:52Z

TANGGAMUS. Newsskri com. 

Bandar syah.Selaku PJ, kepala Pekon Banjar manis, Kecamatan cukuh balak Kabupaten Tangamus di duga Mark up anggaran dana desa (DD) tahun angaran 2023  dalam alokasi untuk pengadaan bibit Pala sebesar Rp.209.000.000 (Dua ratus Sembilan juta rupiah). Rabu (14/06/2023).

Atas dasar laporan masyarakat, tim media langsung turun kebawah, saat itu pun tim media dapat menghimpun dari beberapa narasumber yaitu, Anggaran Dana Desa (DD) pada tahun 2023.

Bandar syah Selaku PJ kepala Pekon Banjarmanis kecamatan cukuh balak kabupaten Tanggamus, menganggarkan Rp.209.000.000,- untuk pengadaan bibit pala. Rabu,(7/6/2023).

Saat di konfirmasi ketua Badan himpun pekon (BHP) samsudin, membeberkan, pengelolan dana desa di pekon Banjar manis.
" dalam pengelolaan APBdes tidak transparan terkait realisasi nya karena tidak pernah melibat kan, BHP apa lagi masyarakat setempat. bahkan saya pernah langsung bertanya terkait APBdes pekon, namun tidak pernah, di lihat kan pada kami selaku BHP, apa lagi mau dikasih untuk menyimpan sebagai arsip kami selaku Badan Himpun Pekon (BHP),"beber samsuddin.

“Masih samsudin melanjutkan,

"Untuk bibit pala emang waktu musyawarah kami ajukan tapi saat dana sudah cair di kondisikan oleh PJ, kepala pekon sendiri, kami dari pihak BHP  tidak pernah di libatkan. terkait anggaran apa lagi tentang realisasi nya. sedangkan bibit pala tersebut tidak sesuai dengan dana yang di anggarkan oleh PJ kepala pekon senilai 209.000.000 yang sangat pantastis,"lanjut samsuddin.

"untuk penganggaran bibit pala diangarkan oleh PJ kapala pekon Rp. 20.000 per batang nya, sedangkan saya aja kemaren abis beli bibit pala tersebut cuman Rp 10000 ribu per batang bahkan saya beli satu mobil, kalau Harga yang di laporan PJ, kami itu terlalu mark up ”jelas samsudin”


Ketua BHP (Samsudin) pernah memprotes untuk pengadaan bibit pala karena terlalu mahal, dan masyarakat banyak yang menolak bibit pala tersebut.

Bahkan Pj. Kepala Pekon Banjar manis mengutus salah satu aparat Pekon yang di duga untuk menyuap ketua BHP (Samsuddin), namun tindakan tersebut di tolak oleh Samsuddin mengungkapkan kepada pewarta di kediamannya.

"malam-malam ada yang datang kerumah salah satu aparat pekon, suruhan Bandar syah selaku Pj. Kepala pekon untuk mengantar kan amplop sama rokok, saya tanya ini buat apa dan dari siapa, yang nganter kerumah bilang titipan dari .PJ.kepala pekon.saya cuman suruhan mereka," ungkap samsudin dengan menirukan percakapan aparat yang kerumah nya.
"Lansung saya tolak. Saya bilang kalau saya tidak bisa di suap,"tutur samsudin.

Ditempat terpisah pewarta mengkonfirmasi Kaur perencanaan dan menjelaskan,
“saya memang selaku kaur perencanaan tapi terkait untuk realisasi apa yang pernah di rencanakan di pekon ini, saya tidak mengetahui dan tidak dilibatkan leh PJ. kepala pekon, bahkan pernah saya mempertanyakan terkait SPJ nya PJ kepala pekon tidak pernah menanggapi,”jelas kaur perencanaan.

Sebagai seorang ASN yang bertugas di kantor kecamatan yang di tunjuk untuk menjabat sebagai PJ. Kepala pekon yang lebih memahami administrasi dan peraturan tentunya di harapkan akan memberikan perubahan dan contoh bagi aparatur Pekon dan masyarakat.

Mengacu pada Permendes No. 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, transparansi merupakan salah asas dalam pengelolaan keuangan desa.

Transparan dalam pengelolaan keuangan mempunyai pengertian bahwa informasi keuangan diberikan secara terbuka dan jujur kepada masyarakat. 

Fungsinya, untuk memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggungjawaban pemerintah dalam pengelolaan sumber daya. 

(Hanapi)
×
Berita Terbaru Update