Header Ads

Tekan Stunting, TP PKK Provinsi Banten Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan


Banten,newsskri.com

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Banten menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan (Gemarikan) dan Tebar Benih Ikan di Gedung PKK Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang. Selasa (23/03/2023).

“Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan TP PKK yang terus berupaya dalam menekan angka stunting. Melalui gemar makan ikan ini kita mengedukasi bahwa ikan memiliki protein yang dapat mencegah stunting,” ujar Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar.

Dikatakan, melalui Gemarikan ini penanganan stunting bisa dipersiapkan mulai dari asupan protein yang biasa disajikan oleh keluarga.

“Dan ini juga salah satu upaya memenuhi kebutuhan protein hewani untuk keluarga dalam mencegah stunting,” jelasnya.

Masih menurut Tine, pencegahan stunting melalui Gemarikan dilakukan TP PKK Provinsi Banten yang bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Banten menebar benih ikan lele dan ikan patin masing-masing 600 ekor yang disebar di bioflok TP PKK Provinsi Banten.

Tine Mengungkapkan ikan yang disebar tersebut nantinya akan dipanen dan diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan keluarga stunting di wilayah sekitar KP3B Curug.

“Dengan berternak ikan ini sebanyak 600 ekor masing-masing ikan patin dan nila. Insya Allah 3 bulan ke depan kita akan panen,” jelasnya. 

Tine berharap, dengan mensosialisasikan makan ikan ini mampu mendorong konsumsi ikan di masyarakat. Dengan kandungan hewani pada ikan yang baik, mampu menjadi upaya alternatif dalam pencegahan stunting yang bisa dimulai dari keluarga.

“Dengan budidaya ikan yang selalu kita contohkan mampu memberikan dorongan kepada keluarga untuk terus memenuhi asupan gizi dan protein salah satunya melalui mengkonsumsi ikan ini,” pungkasnya.(red)

Post a Comment

0 Comments