Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

)Kadis Disporabudpar Tangerang Apresiasi Inovasi Helm Anyaman Bambu

Wednesday 20 July 2022 | July 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-21T02:37:35Z
TANGERANG,newsskri.com---- Olahraga bagian penting dalam menjaga kesehatan. Salah satunya olahraga sepeda. agar memiliki keselamatan dalam bersepeda dapat menggunakan  Helm, Helm ini menjadi unik dan sebuah inovasi produk dari anyaman bambu yang memiliki nilai seni dan ciri khas lokal dari Tangerang yang dahulu hingga saat ini masih banyak masyarakat yang membuat anyaman dari bambu.

Yayasan Topi Bambu adalah sebuah organisasi yang bertujuan melestarikan kearifan lokal daerah melalui pendidikan, pemberdayaan kegiatan sosial dan keagamaan masyarakat. Yayasan Topi Bambu berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif melalui pelatihan dan workshop, pengembangan produk heritage, museum topi bambu.

Produk kearifan lokal, konservasi bambu, potensi wirausaha berbasis kearifan lokal, pembuatan buku dan penyusunan kebijakan.

Berdiri sejak 2015, Yayasan Topi Bambu diinisiasi oleh komunitas topi bambu yang telah hadir sejak 2010 melakukan pemberdayaan masyarakat dan memiliki binaan 800 perajin kerajinan tradisional yang mencapai 20 sentra perajin.

Selain itu, kami melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar dalam memanfaatkan potensi kearifan lokal untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. 

Kekayaan sumber daya alam khususnya bambu dan masih terkenal sebagai icon Tangerang sudah ada sejak 1800 hingga kini adalah Kerajinan Topi Bambu. Inovasi terus dilakukan melalui riset dalam pengembangan produk agar memiliki nilai manfaat seperti Helm Anyaman Bambu ini Ujar Dra.Ratih Rahmawati, M.M di ruang rapat Disporabudpar (15/07/2022),Hj Nurbaeti,SE,M.M (Kasi kebudayaan) dan Kang Agus H Ketua Yayasan Topi bambu.

dr.Dedi Efendi, MARS sebagai founder Yayasan  mengatakan, "Sinergitas Pemerintah bersama komunitas terus jalankan sehingga dapat memberikan dampak ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal dengan menciptakan inovasi seperti model topi bambu sehingga ekspor ke Singapore, Peci bambu Pameran di Sarawak Malaysia dan Ikut Even juga Pameran Trade Expo Indonesiadi “TEI” yang akan memberikan dapmpak positif," ujar Direktur RS Permata Hati melalui telepon WhatsAppnya. (20/07/2022). (Hary)
×
Berita Terbaru Update