Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunjungan Tri Risma di sambut Gubernur Sumatera barat

Friday 14 May 2021 | May 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-05-14T14:40:27Z

PADANG, Newsskri.com — Baru baru ini Gubernur  Sumatera Barat Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyambut langsung kedatangan Mensos Tri Risma hari ini di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Rabu (12/5/2021).


Kedatangan mantan Walikota Surabaya ke Sumbar dengan beberapa kegiatan. Diantaranya meninjau Balai Diklat Kemensos dan melihat langsung lokasi bencana longsor serta menyerahkan bantuan korban longsor tambang ilegal di Abai, Solok Selatan.


“Iya benar, ibu Risma datang ke Sumbar untuk menyerahkan bantuan korban longsor tambang ilegal di Abai Solok Selatan,” ucap Mahyeldi.


Santunan dalam bentuk dana dan sembako tersebut diserahkan Menteri Sosial Risma diserahkan langsung kepada korban longsor Solok Selatan berupa Rp. 120 juta bagi 8 orang korban meninggal dunia dengan masing masing senilai Rp. 15 juta dan untuk korban luka luka Rp. 45 juta untuk 9 orang masing masing memperoleh Rp. 5 juta.


Sebelumnya, sejumlah penambang emas di kawasan Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan tertimbun saat melakukan aktivitas pertambangan. Peristiwa ini diketahui terjadi pada Senin (10/5/2021).


Tim SAR gabungan akhirnya telah menemukan korban terakhir kejadian longsor tambang emas ilegal Selasa (11/5/2021) malam. Korban dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia. Jadi total korban penambang meninggal dunia sebanyak delapan orang dan dan sembilan orang luka-luka. Proses evakuasi dan pencarian berlangsung selama kurang lebih 12 jam.


Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar mengucapkan atas musibah yang menimpa keluarga dan masyarakat Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari dan sekitarnya.


“Atas nama pribadi dan pemprov Sumbar menyampaikan rasa duka dan belasungkawa atas musibah longsor penambang emas di Abai,” ujarnya.


Menurut informasi, adapun kedelapan korban meninggal dunia tersebut adalah Yasril, Buyung, Yuniadi, Ijal, Siat, Pakde, dan Catno. Satu korban lain bernama Siman, hingga kini masih belum ditemukan.


Proses pencarian masih dilakukan oleh tim gabungan, termasuk Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Kementerian Sosial (Kemensos) hingga saat ini.


Sementara itu, bagi sembilan korban luka-luka dari bencana tanah longsor tersebut antara lain Epi, Derri, Tomi, Sito, Eka, Fajrul, Abit, Mitro, dan Nova.


Gubernur Sumbar Mahyeldi mengharapkan dalam kunjungan Mensos tersebut semoga ke depan koordinasi dan sinergisitas Pemprov Sumbar dengan Kemensos bisa terjalin dengan baik untuk muwujudkan misi sosial dalam kehidupan bermasyarakat(*)

×
Berita Terbaru Update