Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sejarah Cheng Beng, Ziarah Kubur Warga Keturunan Tionghoa

Friday 2 April 2021 | April 02, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-03T03:20:30Z


Jakarta,, newsskri.com---- - Pemerhati budaya dan sejarah Tionghoa di jakrta tradisi ceng beng  atau ziarah kubur bagi warga keturunan Tionghoa. Tujuan ceng beng adalah mempererat tali silaturahim antar anggota keluarga.


"Selain mengenang dan memuliakan orang tua atau leluhur yang sudah meninggal dunia, tradisi ini juga sebagai sarana berkumpulnya saudara, kerabat, dan anak-anak para warga keturunan meskipun sudah berbeda agama dan keyakinan," 


perbedaan agama dan keyakinan yang dianut dalam satu keluarga besar bukan suatu penghalang untuk berkumpul dan bersilaturahim saat perayaan ceng beng. "Justru melalui tradisi itu mereka dipersatukan. Bahkan keluarga, saudara, dan kerabat yang dari luar negeri juga sering menyempatkan diri pulang memuliakan leluhurnya saat digelar ceng beng," 


Puncak ceng beng jatuh pada setiap 5 April. Akan tetapi masyarakat keturunan Tionghoa sudah menyambut sekitar dua pekan sebelumnya. Ini karena prosesi tradisi tersebut tidak hanya sekedar berdoa namun juga membersihkan dan mempercantik makam leluhurnya. "Ceng beng merupakan satu-satunya momentum untuk mengunjungi makam leluhur dan berdoa," 


tradisi ceng beng di jakarta dikenal juga dengan nama chin min dari kata chin yang berarti bersih dan ming memiliki arti cerah. Istilah tersebut menandakan musim panas akan segera datang dan waktunya berkunjung mengenang leluhur.


Pada tradisi itu, biasanya anggota keluarga akan membersihkan makam sebelum waktu kunjungan. Para anak diwajibkan membersihkan sendiri makam leluhurnya. "Namun karena pergeseran zaman, saat ini sudah banyak keluarga yang menggunakan jasa pembersih kuburan leluhur sehingga kehilangan makna chinmin," 


Di hari kunjungan, sejak subuh sebelum matahari terbit para peziarah sudah harus tiba di makam dan menata jamuan untuk leluhur. Jamuan itu berupa nasi serta samsang atau daging hewan tiga alam yang berasal dari laut, darat, dan udara. Ada juga lauk pauk, teh, arak, buah-buahan, dan kue sebagai simbol pelayanan terhadap leluhur yang telah tiada.


Pada prosesi itu mereka juga wajib membawa kim ci. Kim ci adalah kertas sembahyang dan uang-uangan berbahan kertas yang akan dibakar untuk membekali para arwah di alam baja menurut kepercayaan.


"Peziarah juga menempelkan satu per satu kertas sembahyang di pusaran makam yang dipercaya sebagai simbol penambal pusaran makam. Namun ada juga yang menilai menempelkan kertas sebagai penanda makam tersebut telah disembahyangi," (HERMAWAN)

×
Berita Terbaru Update