Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pendiri Paku Banten TB.Syafrudin.AS Bersama LAI BPAN DPD Provinsi Banten Kolaborasi Lestarikan Seni Budaya Pencak Silat

Thursday 8 April 2021 | April 08, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-04-08T23:36:16Z


Tangerang, newsskri.com


Di zaman era digitalisasi seperti sekarang ini, kita kesulitan untuk mencari seni budaya tradisional, karena sudah banyak nilai-nilai budaya yang terpengaruh oleh kebudayaan luar.


Untuk itu Paku Banten merupakan seni budaya asli Masyarakat Banten yang harus dilestarikan, agar tetap exis dan berkembang di Indonesia dan hal ini disampaikan langsung oleh Pendiri sekaligus Guru Besar Seni Budaya Paku Banten H.TB. Syafrudin, AS, ketika ditemui Wartawan di kantor Lembaga Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara (LAI BPAN) DPD Provinsi Banten di kantor Modernland, Kota Tangerang (07/04/2021).


Mengatakan “Saya selaku pendiri, pencipta sekaligus Guru Besar Perguruan Seni Budaya Paku Banten, yang telah didirikan pada Tahun 1980 di Lampung hingga Palembang, dan Banten, ” Bertujuan untuk merangkul seluruh elemen-elemen Masyarakat, agar Bangsa Indonesia aman, tentram dan damai,” Serta untuk melestarikan seni budaya Banten agar tidak punah dan generasi muda sekarang dapat mengenalnya,” ucap Abah, panggilan akrab TB.Syafrudin. AS.


"Maka dari itu masih dikatakan oleh Abah Syafrudin,” s

Bahwa sampai saat ini Paku Banten Alhamdulillah tidak cacat hukum, bersih dari persoalan dan permasalahan yang bersinggungan dengan hukum” Paku Banten beda dengan Ormas yang lainnya, karena Paku Banten ini merupakan seni budaya pencak silat  seperti : Debus, Terumbu, Bandrong, dan lainnya,” katanya.


Saat ini Anggota Paku Banten di Nusantara berjumlah sekitar 30.000 Anggota dan Paku Banten ini telah berbadan hukum, merupakan Organisasi yang terbuka, tidak memandang ras,suku,golongan, asal usul dan Agama.


Hal senada ini juga disampaikan oleh Ketua Umum Paku Banten, H.TB Hasan Ninggu, “Guna mengembangkan seni budaya Paku Banten di Wilayah Indonesia, Paku Banten telah menggandeng Aliansi Indonesia, Lembaga Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara (LAI BPAN) DPD Provinsi Banten, agar terjalin kerja sama dan sinergitas  memajukan seni budaya Paku Banten  serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia Anggota Paku Banten di Nusantara tercinta ini,” pungkasnya.


Ketua Lembaga Aliansi Indonesia Badan Penelitian Aset Negara (LAI BPAN) DPD Provinsi Banten Muhamad Jaenudin yang biasa disapa bang Jaenal ini mengatakan ” bahwa saya menyambut baik kunjungan H. TB. Syafrudin. AS  selaku Pendiri Paku Banten sekaligus Guru Besar Pendekar Banten mendukung penuh dan mengajak berkolaborasi untuk melestarikan seni budaya Pencak Silat yang ada di Provinsi Banten hingga Manca Negara,” terang bang Zaenal di Kantor nya di Jl. Hartono Raya Apartement Modernland, Tower Merah, Kota Tangerang.


Penulis: M.Andika Putra

×
Berita Terbaru Update