Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DANDIM TIDORE DATANGKAN WARGA JABAR LATIH WARGA HALTIM

Wednesday 1 November 2017 | November 01, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-11-05T15:23:52Z


WWW.NEWSSKRI.COM, Maluku-Wasile (01/11), Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing menindak lanjuti perintah Pangdam XVI/Pattimura untuk mendatangkan Tim ahli dalam pembuatan ikan asin mengingat potensi hasil perikanan di wilayah Malut yang sangat melimpah sementara teknologi pengawetan ikan masih sangat kurang.

Tidak tanggung-tanggung Dandim langsung mendatangkan Tim dari Kab. Indramayu Prov. Jabar yang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan asin terbaik guna memberikan sosialisasi tentang tatacara pembuatan ikan asin yang benar kepada warga di lokasi pengeringan ikan teri Ds. Saramaake Kec. Wasile Tengah Kab. Halmahera Timur Prov. Maluku Utara.

Kegiatan sendiri dihadiri Mayor Inf Sihono (Kasdim 1505/Tidore), Mayor Inf Dedi Muhari (Danramil 1505-03/Wasile), Aiptu Fayakun (Kapos Pol Ds. Saramaake), Amana Abd Ghani (Kades Saramaake) dan masyarakat Desa Saramaake serta perwakilan dari masyarakat nelayan se-Kecamatan Wasile Selatan.



Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh TNI-AD khususnya Kodim 1505/Tidore dan Koramil 1505-03/Wasile  dengan menggandeng Tim ahli dari daerah lain tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi warga masyarakat Wasile untuk dapat memahami dan mampu mengawetkan ikan hasil tangkapan mereka dengan cara di asinkan, dengan kegiatan seperti ini diharapkan juga dapat mendatangkan investor ke Maluku Utara. Kades Saramaake menyampaikan kendala yang dihadapi masyarakat Wasile yaitu belum adanya pasar lokal, karena untuk memasarkan hasil ikan ngafi/ikan teri atau ikan make/ikan asin pedagang harus berkeliling atau berjualan di pasar-pasar daerah lain.

Kasdim 1505/Tidore Mayor Inf Sihono menyampaikan Masukan Kades Saramaake Amana Abd Ghani tentang perlu adanya pasar lokal tersebut sangat baik dan akan disampaikan kepada Dandim 1505/Tidore untuk dapat segera ditindaklanjuti. Antusiasme masyarakat sangat tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang bertanya tentang cara pembuatan ikan asin yang baik dan benar tersebut.

Di tempat terpisah Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu Program unggulan Pangdam XVI/Pattimura yaitu Emas Biru, mengingat potensi perikanan di Maluku Utara yang sangat besar kita pun ingin membantu meningkatkan ekonomi atau pendapatan masyarakat Maluku Utara agar menjadi lebih baik lagi, sehingga dengan pelatihan yang diberikan kepada masyarakat nelayan tersebut harapannya kedepan Wasile dapat menjadi sentra pembuatan ikan asin terbaik bukan hanya di wilayah Maluku Utara tapi juga di Indonesia. (arif)
×
Berita Terbaru Update