Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

WORKSHOP WEBINAR “METODE PENULISAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PROGRAM STUDI D-III SEKRETARIS UNPAM”

Friday 22 May 2020 | May 22, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-05-22T23:47:03Z


PERSAPBA.Online, Tangsel - Dalam masa pandemic covid-19, Prodi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang mengadakan Workshop secara online atau dikenal dengan Webinar dengan tema “Metode Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi D-III Sekretari Universitas Pamulang.” 

Workshop ini dilaksanakan secara internal, panitia yang terlibat yaitu Bapak Sugiyarto, S.E., M.M selaku Ketua dan Penanggung Jawab Workshop, Bapak Pendi Ahmad, S.H., M.H selaku Pemateri 1, Ibu Dra. Ratna Suminar, M.M selaku Pemateri 2, Ibu Rahmayanti S.E., M.M selaku Moderator, Ibu Unik Desthiani, S.Si., S.Psi., M.M selaku Master Of Ceremony (MC), Bapak Edi Junaedi, S.E., M.M selaku Penanggungjawab Design Flyer, Bapak Ismul Bathni, S.T., M.T dan Ibu Nur Rachmah Wahidah, S.E., M.M selaku Penanggungjawab Google Form dan Peserta, Ibu Desilia Purnama Dewi S.E., M.M dan Ibu Lisa Novia, M.Pd selaku Penanggungjawab dalam Mensosialisasikan ke Mahasiswa, serta Ibu Katry Anggraini, S.Sos., M.I.Kom selaku Penanggungjawab Sertifikat.



Workshop tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Pamulang Bapak Dr. H. Dayat Hidayat, M.M, Dekan Fakultas Ekonomi Bapak Dr. H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M., CSRA., CMA, Dosen, dan Mahasiswa Prodi D-III Sekretari Universitas Pamulang. Acara tersebut berlangsung pada pukul 13.30 sampai dengan 15.05 WIB.

Sambutan pertama diisi, Sugiyarto, S.E., M.M, Kepala Program Studi D-III Sekretari Unpam sekaligus Ketua serta Penanggungjawab Workshop Webinar mengemukakan bahwa “Workshop ini hanya untuk internal khusus Mahasiswa Prodi D-III Sekretari Unpam dengan harapan agar mahasiswa khususnya semester enam (6) ini dapat lulus tepat waktu sehingga tidak akan menjadi beban pada laporan Standar 9 ketika nanti akan melakukan Akreditasi, tema seperti ini akan kami adakan secara Reguler.” Ungkapnya pada wartawan newsskri.com, pada Jumat, (22/5)

Lebih lanjut Sugianto mnambahkan bahwa banyak hambatan juga yang dihadapi oleh mahasiswa Semester 5 dengan adanya Workshop ini akan tepat waktu untuk kelulusannya, sedangkan Semester 4 dijadikan suatu adaptasi bagi mereka sehingga ketika mengikuti Mata Kuliah Metode Penulisan Tugas Akhir di Semester 5 dapat menyesuaikan, maka dari itu kami mengadakan Workshop dengan Tema terkait Metode Penulisan Tugas Akhir.

workshop ini yang sudah melakukan registrasi sudah mencapai 357 peserta.”tambahnya

Selain itu, Sambutan kedua dan pembukaan diisi oleh Rektor Unpam, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. mengungkapkan bahwa “Jajaran Struktural memberikan penghargaan yang tinggi untuk bapak/ibu dosen D-III Sekretari Universitas Pamulang dan Mahasiswa karena merupakan salah satu kebutuhan mahasiswa untuk mengetahui Tips dan Trik dalam penyelesaian Tugas Akhir secara bagus dan baik.”ungkapnya.

Lebih lanjut Dayat menambahkan beberapa hal pokok yang disampaikan yaitu pertama untuk dosen Pembimbing Tugas Akhir ini harus menyimak dan hadir, mentransfer ilmu dan pengetahuan dari para Narasumber/Pemateri agar adanya keseragaman di dalam Format Penulisannya ketika disampaikan pada mahasiswa bimbingan, kedua arah ke depannya Tugas Akhir itu para dosen dan mahasiswa berkolaborasi karena sudah menjadi suatu kebutuhan harus mendapatkan luaran dalam bentuk Jurnal yang di Publish sehingga sudah mulai diarahkan di samping menyelesaikan Tugas Akhir tapi juga harus ada produk Akhir berupa untuk Jurnal apakah itu di Nasional Terakreditasi maupun Internasional, jadi ke depan apakah Tugas Akhir Diploma, S-1, S-2, maupun S-3 itu harus dalam bentuk wujud karya ilmiah yang di Publish dan kemudian dalam bentuk Jurnal, sehingga bimbingan dari awal sudah diarahkan karena Perguruan Tinggi sekarang ini akan dilihat bagaimana proses akhir dari sebuah Akademik tetapi diminta dalam bentuk wujudnya.

“Terkait hal ini akan menjadi suatu kewajiban dan SK Rektor yang berisi tentang wajib dihasilkan outputnya dalam bentuk luaran seperti jurnal, hak cipta, hak paten, paten sederhana, dan sebagainya. Hal ini tidak akan menjadi suatu beban jika dilakukan secara paralel pelaksanaan dan pembuatannya pada saat penyelesaian Tugas Akhir dan Jurnal hanya Formatnya saja nanti yang agak dibedakan sehingga akan memperkaya khasanah, karya-karya dari mahasiswa yang nanti penulis ke satunya Dosen dan penulis kedua mahasiswa sehingga nanti para dosen akan all out membimbing mahasiswa kesemua ini sudah dilakukan oleh Perguruan Tinggi lainnya seperti ITB, UI, IPB, dan lainnya serta Perguruan Tinggi di luar negeri sudah menerapkan seperti ini, sehingga dosen Pembimbing diarahkan kepada pedoman Tugas Akhir dan pedoman Jurnal, selain itu apabila ada magang atau yang memiliki usaha bisa dijadikan suatu Tugas Akhir, apabila mahasiswa membuat Jurnal yang Terakreditasi bisa disamakan dengan Tugas Akhir jadi tidak perlu lagi membuat Tugas Akhir bisa dijadikan suatu penghargaan.” Tambahnya.


Kemudian MC menyerahkan kepada Moderator untuk memulai kegiatannya, untuk Pemateri 1 Bapak Pendi Ahmad, S.H., M.H menyampaikan terkait BAB I, BAB II, dan sistematikanya pada Penulisan Tugas Akhir. Beliau menyampaikan bahwa “Tugas Akhir ini tidak sama dengan Tugas Akhir S-1 atau yang setara melainkan hanya sebatas melaporkan kegiatan magang sesuai dengan judul yang diambil, dalam penulisan Tugas Akhir ini dibagi ada 7 sub Bab mulai dari Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Pembatasan Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penulisan Tugas Akhir, Metode Penulisan Tugas Akhir, dan Sistematika Penulisan Tugas Akhir. 

Kemudian Bab II itu terkait Landasan Teori berpatokan pada Buku, Jurnal, atau Karya Ilmiah yang berkaitan dengan judul harus ada referensi 10 buku dan 5 website, untuk buku harus 5 Tahun ke belakang dan tidak boleh melakukan plagiarisme dari Tugas Akhir orang 100% harus dicantumkan nama dari sumber tersebut.

Pemateri kedua disampaikan oleh Ibu Dra. Ratna Suminar, M.M terkait BAB III dan BAB IV, sebelumnya beliau “menjelaskan penulisan Tugas Akhir dibagi menjadi tiga tahap proses spiral tentang perencanaan yang meliputi penulisan pendahuluan (reconnaissance), pengambilan tindakan, dan pengambilan data tentang hasil tindakan yang dilakukan menurut Lewin tahun 2007. Dilanjutkan kembali dalam BAB III, mengungkapkan tentang ruang lingkup di mana anda praktik kerja, buat jurnal kegiatan dan ungkapan hambatan yang ada terkait dengan judul pelaporan dan berikan solusi atau pemecahan masalahnya (menjawab rumusan masalah). 

Dalam BAB IV Penutup di mana Kesimpulan yaitu Menyimpulkan hasil penelaporan yang diungkapkan secara tegas, lugas dan sesuai dengan perumusan masalah dan Saran yaitu berdasarkan kesimpulan yang telah dirumuskan, penulis mengajukan saran-saran yang terkait dengan hasil laporan. Tata cara penulisan Daftar Pustaka dan persyaratan yang harus dilengkapi dalam Lampiran.

Setelah pemateri 1 dan 2 sudah menyampaikan presentasi, selanjutnya moderator melanjutkan untuk diskusi langsung dengan mahasiswa, untuk mahasiswa yang menyampaikan pertanyaan dibatasi karena keterbatasan waktu dari moderator.

Menurut para audiens (mahasiswa) bahwa workshop ini sangat memberikan manfaat yang sangat besar, mahasiswa dari chat yang dilontarkan pada forum tersebut. 

Kesimpulan disampaikan Rahmayanti, S.E., M.M bahwa “setiap mahasiswa yang melakukan Tugas Akhir diharuskan mempelajari panduan terlebih dahulu dari Penulisan Tugas Akhir agar pada saat melakukan penulisan Tugas Akhir tidak mengalami kendala dan pencarian buku referensi ini selama pandemi ini tidak jadi hambatan karena sudah dapat diakses secara online sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan penulisan Tugas Akhirnya.”terangnya.

Workshop ini diakhiri dengan mengisi link absensi untuk dijadikan E-Sertifikat bagi yang berpartisipasi.


×
Berita Terbaru Update