Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menteri Dalam Negeri Tinjau Penanganan Covid-19 Kota Tangerang Selatan

Tuesday 27 July 2021 | July 27, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-07-28T01:53:35Z


CIPUTAT newssskri.com----– Dalam rangka memastikan penanganan Covid-19 serta pelaksanaan PPKM, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian melakukan peninjauan langsung ke Kota Tangerang Selatan. Dalam kunjungannya, Tito mendapatkan beberapa informasi mengenai proses penanganan Covid-19 dan pelaksanaan PPKM level 4, lalu memaparkannya di Puspemkot Tangsel, Ciputat, Selasa (27/7).


”Kunjungan ini sangat penting, karena Tangerang Selatan ini adalah kota satelit, pusat politik dan pusat ekonomi Jakarta,” kata Tito yang menambahkan bahwa kota satelit memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan kebijakan Pemerintah Pusat.


Oleh karena itu, dibutuhkan keserempakkan DKI Jakarta dan daerah sekitarnya untuk bisa mengendalikan Covid-19. Berdasarkan fakta di lapangan saat ini, meskipun angka positif rate-nya fluktuatif, namun Bed Occupancy rate (BOR) nya masih 60 persen.


”Ini yang perlu di perhatikan, karena jika BOR berada di atas 50 persen maka masih banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan kamar perawatan,” ujar Tito.


Dia menambahkan untuk menangani masalah ini, pemerintah pusat mengimbau kepada pemerintah daerah untuk menambahkan fasilitas isolasi terpusat. Fasilitas ini harus tersedia hingga ke tingkat kelurahan. Sehingga masyarakat yang positif dengan gejala ringan bisa melakukan isolasi di tempat yang sudah ditentukan. 


”Jadi, ruang rawat di fasilitas kesehatan bisa dimanfaatkan oleh pasien dengan gejala berat,” kata Tito.


Di segi vaksinasi, dari data yang disampaikan oleh pemerintah, bahwa minat dan antusiasme masyarakat terhadap vaksinasi ini sangat besar. Sekitar 302 ribu yang di vaksinasi pertama, kemudian 133 ribu lebih vaksinasi kedua. 


Hal itu menunjukkan bahwa penanganan vaksinasi ini masih relatif belum memenuhi target herd immunity untuk penduduk kurang lebih hampir 2 juta orang. ”Kalau 70 persen, berarti 1,4 juta. Kalau 60 persen, 1,2 juta. Perlu kerja keras lagi. Tentunya kita harapkan Pemda melakukan adanya suplai vaksin yang cukup untuk Kota Tangerang Selatan, sehingga bisa dipercepat program vaksinasi,” katanya.


Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menyampaikan pemerintah terus mengupayakan penanganan di hulu dan hilir secara serempak sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Di hulu, pemerintah melakukan penegakan protokol kesehatan setiap hari terutama pada malam hari. Sehingga pada tingkat kecamatan penegakan protokol kesehatan dilakukan sekaligus memberikan sanksi atau teguran paling tidak kepada para pelanggar prokes minimal teguran lisan. 


”Kemudian kedua, kami sudah menerbitkan SE terbaru yang diperbarui menindaklanjuti bapak Mendagri sejak kemarin sudah kami terbitkan dan pada hari ini sudah berlaku di tengah-tengah masyarakat kami sudah edarkan sampai ke tingkat kelurahan, RT dan RW,” katanya menambahkan pemerintah terus mempersiapkan ketersediaan tempat tidur, terutama tempat tidur ICU. 


Saat ini, fasilitas kesehatan sangat dibutuhkan masyarakat. Dari 22 rumah sakit umum dan rumah sakit swasta yang ada di Tangsel, 71 tempat tidur ICU nya hampir penuh. Sehingga Pemkot Tangsel mengefektifkan tambahan tempat tidur di Rumah Sakit Serpong Utara dengan kapasitas 150 paling tidak 100 tempat tidur bisa dimaksimalkan untuk penanganan Covid-19, terutama bagi pasien yang bergejala ringan dan bergejala sedang. Sehingga meringankan beban rumah sakit swasta dan rumah sakit umum milik Pemkot Tangsel.


Terakhir, Pemkot Tangsel tetap memastikan untuk menekan angka kematian akibat Covid-19. Beberapa hari belakangan ini sudah turun menjadi tiga persen tetapi luasan areal pemakamannya tetap dipersiapkan dengan maksimal(Eka Firmansyah)

×
Berita Terbaru Update