Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MENGAPA SANKSI SOSIAL DINILAI LEBIH KERJAM DIBANDING DENGAN SANKSI HUKUM ?

Thursday 5 January 2023 | January 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-06T02:47:45Z

Ditulis oleh : Isni isnainiyah


Sanksi sosial yaitu salah satu bentuk teguran untuk orang yang telah berbuat kesalahan atas apa yang telah dilakukan. Biasanya dilakukan oleh masyarakat sekitar atau orang yang mengetahui permasalahan tersebut, yang dimana hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera kepada pelaku.

Sanksi hukum Menurut Andi Hamzah "sanksi dapat diartikan sebagai hukuman bagi pelanggar ketentuan undang-undang sehingga dapat diartikan bahwa Sanksi adalah hukuman atau tindakan yang memaksa yang dihasilkan dari kegagalan untuk mematuhi hukum, aturan, atau perintah". 

Lantas mengapa sanksi sosial lebih kejam? Sanksi sosial dapat berjangka waktu lama tergantung dengan kesalahan nya itu kesalah besar atau kecil. Jika kesalahan yang besar tentu hal tersebut akan  lebih lama melekat di ingatan masyarakat dalam jangka waktu yang panjang juga.

Bentuk sanksi sosial yang diterima oleh pelaku terutama di lingkungan masyarakat. Tentu akan menjadi sebuah pergunjingan antar masyarakat yang dimana hal tersebut diharapkan dapat membuat pelaku merasa malu. Lalu akan merembet pada orang tua dan keluarga pelaku yang disalahkan karana dianggap telah gagal dalam mendidik. Berpengaruh pada lingkungan perkerjaan karna sudah memiliki citra yang buruk tentu akan mempersulitnya, karana akan menjadi pertimbangan bagai perusahaan karna takut perusahaan tersebut ikut memiliki citra yang buruk. Tidak hanya langsung dilakukan oleh masyarakat sekitar pelaku tapi juga melihat zaman sekarang teknologi yang begitu maju berita mudah tersebar dan semua orang mudah untuk menerima berita, yang tentu para warga net pun sama akan memberikan sanksi sosial contoh seperti menyerang pelaku melalui media sosial dengan ujaran kebencian.Semua hal tersebut dilakukan masyarakat berharap sang pelaku sadar atas kesalahannya dan agar tidak mengulangi kesalahannya.

Efek dari sanksi sosial bagi pelaku untuk memberi efek jera, merasa malu atas kesalahannya, dan mungkin akan terguncang secara mentalnya . Berbeda dengan sanksi hukum yang hanya dihukum pidana beberapa tahun penjara atau hukum perdata. Yang mungkin tidak terlalu memberikan efek jera pada pelaku.Hal itu lah mengapa sanksi sosial dinilai lebih kerjam dari sanksi hukum. (Hari).
×
Berita Terbaru Update