Header Ads

Fastival anak Sholeh resmi dibuka Gubernur


Sumsel,newsskri.com----Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung DR. H. Erzaldi Rosman membuka secara resmi Festival Anak Saleh Indonesia ( FASI ) XI Tingkat Provinsi Tahun 2021 di Gedung LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Pangkalpinang, Sabtu (3/7).

Festival Anak Saleh Indonesia ( FASI ) merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an dan santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad. Tema dalam pelaksanaan FASI kali ini “BISA JUARA SATU (Bina Santri Jujur, Arif, Ramah, Sabar dan Tulus)”.

FASI diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( LPPTKA BKPRMI ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diikuti utusan empat Kabupaten/Kota se-Provinsi yang berjumlah 157 peserta. Festival ini akan berlangsung selama satu hari yang melombakan 12 cabang dari tingkat TPA, TKA dan TQA. 12 perlombaan tersebut diantaranya Tartil Alqu'an, Adzan & Iqomah, Nasyid, Peragaan Sholat, Cerdas Cermat, Mewarnai, Ceramah Agama, Menggambar, Tilawah, Tahfidz Juz Amma, Kisah Islami, dan Kaligrafi.

Ketua Umum DPW BKPRMI H. Zainuddin Alwi, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan FASI adalah salah satu wadah silaturrahmi keluarga BKPRMI yang mulai dilaksanakan dari tingkat TPA, Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi. "Di FASI kita dapat berjumpa dengan seluruh Ustadz/Ustadzah, Santri/Santriwati dari setiap pelosok penjuru Bangka Belitung", jelas Zainuddin.

Yang kedua, FASI sebagai wadah untuk mengembangkan potensi yang ada pada anak-anak didik kita. "Anak-anak kita akan berlomba, bertanding untuk menunjukkan kebolehan dan prestasinya yang telah dibina oleh Ustadz/Ustadzah di tingkat TPA sampai ke tingkat Provinsi", ungkapnya. Dan yang ketiga, FASI sebagai evaluasi program-program kurikulum yang telah dilaksanakan di tingkat TKA, TPA dan TQA oleh Ustadz/Ustadzah kita, "sejauh mana program tersebut terlaksana sehingga dapat diperbaiki untuk mengembangkan minat santri kita," tambahnya.

Sementara itu, Gubernur dalam sambutannya mengatakan festival Anak Soleh dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, tingkat Provinsi hingga tingkat Nasional, "Kegiatan ini tidak boleh diabaikan karena dari FASI inilah tunas-tunas bangsa, harapan bangsa, penerus bangsa Insya Allah akan lahir" ungkap Erzaldi.

"Ketika karakter anak bangsa yang religi yang agamais khususnya untuk agama Islam ditempa sejak dini dan diuji lewat festival kemudian di evaluasi sejauh mana hasilnya ini merupakan suatu filter yang luar biasa dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan BKPRMI harus menjadi pioneer sesuai dengan yang dikumandangkan dalam Marsnya," tambahnya. Kemudian Gubernur membuka FASI," dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Festival Anak Saleh Indonesia resmi dibuka," katanya.

Kakanwil Kemenag Bangka Belitung Drs. H. Tumiran Ganefo, MH turut hadir sebagai tamu undangan dalam pembukaan FASI XI. Sebelum meninggalkan tempat acara, Kakanwil menyampaikan kepada Humas Kanwil tanggapan dan harapan dari penyelenggaraan FASI XI.

"Dengan adanya FASI di Indonesia dapat menumbuh kembangkan generasi Alqur'ani khususnya kepada anak-anak," ungkap Kakanwil. Kakanwil juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pengurus BKPRMI dalam hal pelaksanaan Festival ini. Kakanwil berharap agar ke depan anak-anak kita lebih terarah, terfokus untuk memahami bagaimana menjadi generasi muda Alqur'an ini, "banyak orang tua yang khawatir dengan adanya budaya yang jauh dari nilai agama, maka dengan adanya FASI ini paling tidak dapat memberikan filter terhadap anak-anak kita yang mungkin memiliki tata cara pergaulan yang tidak islami," tegas Kakanwil.

FASI tingkat Nasional tahun ini ditiadakan dan akan dilaksanakan pada tahun 2022 yang bertempat di Provinsi Sumatera Selatan. (Ary )

 

Post a Comment

0 Comments