Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

TNUK Perlu Penguatan Sarana dan Prasarana Damkarhut

Saturday 28 July 2018 | July 28, 2018 WIB | 0 Views Last Updated 2018-07-28T17:15:19Z



“TNUK memiliki peralatan pemadam kebakaran hutan yang lengkap, alat-alat itu ada di kantor saya, dengan kondisi cukup bagus dan siap pakai. Bahkan baru-baru ini kami telah mendapatkan bantuan satu unit peralatan Damkarhut (pemadam kebakaran hutan-Ed.) berupa mesin Alkon penyedot air untuk penanggulangan kebakaran hutan di kawasan TNUK dari Dinas LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Provinsi Banten,” terang Hidayat kepada wartawan.

Tapi Masalah yang dihadapi, kata Hidayat melanjutkan, jangkauan areal yang harus diamankan cukup luas, sedangkan peralatan hanya sedikit, hal ini sangat tidak sebanding, sehingga masih banyak kekurangannya. “Kami perlu penambahan kapasitas peralatan damkarhut, karena wilayah yang harus diamankan begitu luas, areal wilayah III saja kurang lebih 19.000 hektar, jelas peralatan yang ada tidak sebanding dengan tanggung jawab pengamanan kebakaran yang begitu luas,” tegas Hidayat.

Hal senada disampaikan oleh Untung Sunarko, Kepala Bidang Pengamanan Balai TNUK, dihubungi wartawan melalui telepon seluler, dia menegaskan, “Memang kalau melihat luasan wilayahnya yang harus diamankan dan dengan peralatan yang ada pada waktu sekarang ini kurang sebanding, sehingga perlu upaya tambahan kapasitas peralatan, minimal kalau untuk Gunung Honje ada 3 titik, yaitu Selatan, Utara dan Barat, supaya bisa mengkafer atau sebagai perwakilan wilayah, terutama pada wilayah yang rawan karhut (kebakaran hutan-Ed.), lebih bagus apabila tiap-tiap resort memiliki peralatan sendiri. Resort Rancapinang, Taman Jaya, dan Cibayoni kalau ada alat damkarhut ini sudah cukup mewakili,” papar Kepala Bidang Perlindungan. (Red).
×
Berita Terbaru Update