Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Nataru, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Imbau Masyarakat Waspada

Friday 23 December 2022 | December 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-23T14:40:51Z

Serang,newsskri.com

Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menyatakan Pemerintah  berkomitmen wujudkan Perayaan Natal 2022 dan Libur Tahun Baru 2023 (Nataru) yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Memonitor prakiraan cuaca dan kesiapsiagaan bencana menjadi salah satu perhatian Pemprov Banten, masyarakat diimbau tetap waspada.

"Berdasarkan analisa ilmiah BMKG,  bulan Desember 2022 ini prakiraan cuaca akan terjadi hujan di beberapa wilayah, namun dengan batas kewajaran,” ungkap Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Jumat (23/12/2022).

Namun untuk potensi terjadinya bencana lain seperti gempa, lanjut Al Muktabar,  Pemprov Banten bersama BMKG  terus melakukan pemantauan. "Kita ikhtiar bersama agar semuanya baik-baik saja. Meski demikian, kita semua harus tetap waspada,” tambahnya. 

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar juga meminta kepada media massa untuk turut memberikan informasi yang menyejukkan kepada masyarakat. Turut menjaga kondusifitas perayaan Natal di akhir tahun ini bisa berjalan dengan damai, aman, dan nyaman.

“Kita ingin menjaga kebersamaan ini terus dijaga dengan baik,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan stakeholder kebencanaan dan pengamanan Nataru di Provinsi Banten seperti dengan TNI, Polri hingga unsur relawan kebencanaan. Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan lokasi yang rawan bencana, seperti banjir dan longsor.

BPBD Provinsi Banten, tutur Nana,  menyiagakan sejumlah personil di posko-posko pemantauan BPBD Banten seperti yang terdapat di sejumlah titik di wilayah Tangerang, Lebak, Pandeglang dan Serang bersama-sama dengan TNI, Polri dan relawan kebencanaan.

Selain itu, lanjut Nana,  Basarnas Provinsi Banten siagakan 1 (satu) unit Helikopter. Helikopter tersebut dijadwalkan  mendarat di Helipad BPBD Provinsi Banten di Kota Serang dan siaga pada 23-26 Desember. Kemudian kembali lagi pada saat musim libur Tahun Baru 2023. 

“Kami sendiri, BPBD Provinsi Banten siagakan 1 (satu) unit speed boat dan 1 unit raider di perairan Karangantu,” katanya.

Di luar itu, kata Nana,  komitmen BPBD Provinsi Banten bersama BPBD Kabupaten/Kota pada saat libur Nataru kali ini adalah upaya pencegahan penyebarluasan kembali virus Covid-19. 

“Jadi kami akan kampanye Protokol Kesehatan lagi sambil membagikan masker. Agar semua pihak tetap disiplin dalam penerapan Prokes,” pungkasnya.(ega)



×
Berita Terbaru Update